Berbagai masalah dapat diselesaikan dengan call center : TeknoClarity

Call Center  UOB  menangani keluhan pelanggan dan berbagai layanan

Call center  UOB  tentunya sangat berguna bagi penggunanya.   UOB sendiri  merupakan  salah satu bank yang sudah cukup tua. Meskipun di beberapa daerah kebanyakan orang tidak mengetahuinya, nama UOB sudah sangat populer di kota-kota besar. Perusahaan ini pertama kali didirikan pada tahun 1956.

Jika dihitung dari tahun ini, 31 Agustus, usianya bahkan 65 tahun. Dengan keberadaan yang begitu lama, ada banyak pengguna. Hanya karyawannya yang berjumlah lebih dari 3 ribu orang. Dengan ini, perkembangan sudah terlihat dalam banyak hal. Dunia perbankan sangat rumit.

Kompleksitas ini tentu membuat berbagai permasalahan menjadi hal yang lumrah oleh pelanggan. Masalah ini harus diselesaikan sesegera mungkin. Anda sebagai nasabah akan kesulitan karena pengetahuan tentang dunia perbankan sendiri tidak mudah ditemukan. Oleh karena itu, menghubungkan ke call center  UOB mungkin merupakan pilihan terbaik.

Menghubungkan ke call center Bank UOB   tidaklah  sulit

Pusat panggilan dapat membantu dalam banyak hal. Ini karena CS, yang berhubungan dengan call center, telah melalui pelatihan yang panjang. Pelatihan panjang tentu mematangkan pengetahuannya tentang call center. Hal ini membuat setiap pertanyaan dan keluhan yang disampaikan oleh konsumen akan terjawab dengan benar.

Menyambung ke call center  UOB  sendiri sebenarnya sangat mudah. Untuk menghubunginya melalui telepon, pelanggan harus menghubungi 14008. Ini adalah nomor layanan pelanggan UOB resmi. Nomor tersebut aktif selama 24 jam. Anda dapat menghubunginya kapan saja.

Tetapi ketika Anda menghubunginya, ada tarif yang pada l u dibayar. Tarifnya sendiri tidak pasti. Itu tergantung pada pemasok yang digunakan oleh konsumen. Semakin mahal penyedia, semakin besar biaya yang harus dikeluarkan. Untuk mengurangi biaya, adalah keputusan yang tepat untuk menelepon menggunakan telepon rumah.

Menghubungkan ke pusat panggilan UOB dengan telepon rumah benar-benar jauh lebih murah. Sebab, harga telepon rumah ditetapkan setiap bulannya sehingga pelanggan tidak perlu merogoh kocek lebih dalam. Meski sangat nyaman, namun harganya seringkali menjadi masalah bagi pengguna saat memanggil nomor tersebut.

Oleh karena itu, ada opsi lain dalam bentuk koneksi ke layanan melalui obrolan. Untuk menggunakan layanan ini, pelanggan dapat menghubungi email resmi dari UOB.  Email resmi itu sendiri ada di  alamat UOB care@UOB.co.id. Namun, komunikasi email jelas berbeda dengan komunikasi melalui telepon.

Saat menghubungi call center   UOB melalui email, Anda harus bersabar sambil menunggu provider memberikan jawabannya.  Untuk mempermudah, pastikan untuk mengajukan pertanyaan kronologi sejelas mungkin. Hal ini akan memudahkan supplier untuk memberikan jawaban terbaik yang dibutuhkan pelanggan. Kecepatan di mana jawabannya tiba pasti  akan sangat membantu.

Skema keluhan pelanggan terperinci

Keluhan pelanggan adalah fitur utama dari call center. Setelah kontak, ada klaim yang dapat dilakukan oleh pelanggan sehingga kerugian yang dirasakan dapat dibayarkan. Namun, ketika Anda menghubungi call center, bukan berarti pembayaran atas kehilangan tersebut akan segera dilakukan. Ada skema yang harus dihilangkan terlebih dahulu.

Mari kita ambil kasus ini sebagai contoh ketika kita melakukan transfer sejumlah uang. Misalnya, Anda mentransfer uang senilai Rs 100 crore ke kolega. Namun, ada pemberitahuan bahwa transfer telah gagal. Saat memeriksa saldo, ternyata saldo berkurang sesuai dengan jumlahnya.

Ketika hal ini terjadi, Anda tentu bisa menghubungi call center  UOB. Saat menghubungi call center, pelanggan akan berkomunikasi terlebih dahulu dengan CS. Di sana CS akan memberikan beberapa pertanyaan selain mendengar keluhan yang diberikan. Jika semuanya selesai, keluhan akan diikuti.

Dalam proses menindaklanjuti pengaduan, CS akan mengarahkan pertanyaan tersebut ke area terkait. Bidang yang sesuai akan memeriksa mengapa saldo dapat dikurangi ketika pengiriman tidak dilakukan. Dengan cara ini, alasan pengurangan saldo akan diketahui. Sebagai aturan, ini terjadi karena kesalahan dalam sistem.

Jika masalah memang karena kesalahan pada sistem,  call center  UOB akan   menyampaikan permintaan maaf kepada  pengguna sekaligus mengirimkan penjelasan hasil investigasi. Penjelasan mengenai hasil investigasi ini dapat dikirimkan melalui berbagai media, mulai dari email, telepon, hingga SMS. Dalam pesan tersebut, UOB akan menyatakan persetujuannya dengan pengaduan konsumen.

Dengan kesepakatan itu, 100 juta yang hilang akan dikembalikan ke konsumen. Setelah uang dikembalikan, pelanggan dapat memeriksa saldo untuk memastikan uang benar-benar tiba. Jika sudah login, proses klaim selesai dan nasabah dapat melakukan aktivitas seperti biasa.

Ada beberapa kondisi di mana banding ditolak

Ketika kesalahan terjadi karena sistem, keluhan apa pun akan disetujui oleh UOB.  Persetujuan juga akan diberikan langsung dengan pengumuman resmi. Namun, jika kesalahan tersebut terjadi karena kelalaian nasabah, maka pihak bank akan menolak klaim tersebut. Penolakan ini akan disampaikan langsung dari call center UOB.

Tentu saja, penolakannya tidak dilakukan secara informal. Alasan yang jelas akan diberikan mengapa banding itu ditolak. Saat mengalami penolakan ini, ada beberapa opsi yang bisa dipilih pelanggan. Opsi pertama tentu berhenti di situ, karena dia sadar bahwa kesalahan dibuat secara pribadi.

Namun, jika Anda merasa tidak melakukan kesalahan, pelanggan dapat mengajukan keluhan tambahan. Untuk jenis masalah ini, call center juga akan memberikan panduan dalam melakukan pengaduan tahap selanjutnya. Dalam pengaduan tersebut, konsumen dapat merujuknya ke dua lembaga resmi.

Lembaga resmi pertama adalah BI. Bank Indonesia akan menerima pengaduan terkait sistem pembayaran. Sistem pembayarannya sendiri berkisar dari kartu kredit, ATM, hingga transfer dana. Ketika masalahnya adalah hilangnya saldo 100 juta seperti contoh di atas, maka akan diajukan pengaduan ke BI.

Namun, selain BI, pengaduan juga dapat disampaikan kepada OJK. OJK sendiri merupakan singkatan dari Otoritas Jasa Keuangan. OJK merupakan lembaga yang menangani pengaduan konsumen. Keluhannya sendiri mulai dari rekening giro, tabungan, hingga kredit. Anda juga dapat menghubunginya untuk keluhan lebih lanjut.

Namun, BI dan OJK masih menjadi pengaduan dari tahap akhir. Ketika keduanya sudah memberikan solusi, maka UOB dan  klien harus setuju dan menerimanya. Dari sini masalah akan terpecahkan dan tidak akan ada lagi masalah di antara keduanya. Dengan menghubungi call center, panduan mengenai hal ini akan diberikan dengan jelas.

Berbagai masalah dapat diselesaikan dengan call center

Ada berbagai masalah yang menyebabkan pengguna menghubungi call center UOB. Salah satu masalahnya terkait kartu debit. Masalah paling umum yang dihadapi nasabah adalah berupa menelan kartu debit. Hal ini bisa terjadi karena terlalu lama saat memasukkan kartu atau terlalu sering memasukkan PIN yang salah.

Selain itu, Anda dapat menghubungi call center jika memiliki beberapa pertanyaan terkait dunia perbankan. Pertanyaannya juga bisa mencakup semua aspek. Dengan menanyakan call center, CS akan memberikan penjelasan detail mengenai masalah tersebut. Tentu saja, jawaban dari CS jauh lebih memuaskan daripada mencari di Internet sendiri.

Tidak perlu ragu saat menghubungi CS untuk tujuan yang berbeda. Keberadaannya berfungsi sebagai panduan bagi pelanggan. Dengan ini, di situlah kesulitan yang dirasakan untuk keluar melalui pusat panggilan dicari. Lagi pula, menghubungkan ke pusat panggilan UOB sangat mudah dan biayanya murah.

Sumber :